WHO IS YOUR FRIEND?



Hari Minggu tanggal 05 September 2010, aku mendengarkan khotbah di Kebaktian Remaja, GSRI Pos PI Cikampek. Kebetulan temanya menarik perhatianku (berarti yang kemarin-kemarin nggak... :p). Temanya adalah PERSAHABATAN. Begitu Ci Kristie (yang membawakan khotbah) ngomong kalau temanya "PERSAHABATAN", aku langsung berpikir... Hmm, sahabat...

Aku sempat bertanya dalam hatiku, "Aku punya sahabat nggak sih???"

Beberapa menit aku berpikir dan mencari tahu, siapa yang sudah menjadi sahabatku, tapi aku sama sekali tidak menemukannya.

Jujur aja, orang yang aku anggap menjadi sahabatku cepat pergi meninggalkanku. Waktu SD, sahabatku adalah Patricia Sowita, tapi waktu SMP, dia harus pindah ke SMP yang berbeda dan itu artinya aku harus berpisah dengannya. Begitu juga sewaktu SMP, sahabatku adalah Mega Rianita Kartika, sekali lagi, kejadian itu terjadi kembali, dia juga harus pindah ke SMA lain. Dan yang terakhir, sahabatku adalah Sylvania Franseda, hufffttt.... hubungan persahabatan kita baru berjalan 2 tahun dan dia harus menggapai cita-citanya pergi ke Arizona karena dia ikut program AFS. Orang-orang yang aku anggap sebagai sahabat, tidak pernah bertahan lama karena kita harus menggapai cita-cita masing-masing. Tapi sampai saat ini, kita tetap menjalin hubungan meski tak sedekat dulu.

Sekarang, kalau ada orang yang bertanya, "Kar, siapa sahabat kamu..."

Aku mungkin akan menjawab, "Mereka yang mengenal aku dan aku mengenal mereka...".

Ya, aku akan menganggap semua orang sahabatku. Tidak ada seorang pun yang tidak aku anggap sebagai sahabat. Aku bingung juga kalau disuruh pilih salah satu.

Okay, sekarang langsung masuk ke isi khotbah. Pertama, apa sih arti persahabatan? Aku mencari lewat Wikipedia dan inilah yang aku dapatkan...

Persahabatan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial.

Tetapi dari hasil khotbah...

Persahabatan adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang meliputi pengetahuan, penghargaan dan kebersamaan.

Ciri-ciri dalam persahabatan adalah :
1. Saling menginginkan yang terbaik satu sama lain
2. Memiliki simpati dan empati
3. Kejujuran
4. Saling perngertian



Ketika aku mendengar dan merenungi tiap ciri-ciri persahabatan di atas. Aku semakin berpikir, siapakah orang yang telah menjadi sahabatku...

Tetapi dalam isi khotbah, SAHABAT di sini adalah YESUS SANG JURUSELAMAT. YESUS adalah seseorang yang mau memberikan seluruh hidupnya dan YESUS sudah rela mati untuk kita, untuk membebaskan kita dari dosa-dosa yang sudah kita perbuat. Sama seperti sahabat yang rela berkorban demi kepentingan sahabatnya meski itu akan merugikan dia.
Tanpa YESUS kita tidak ada apa-apanya.



Seperti juga yang tertulis dalam Amsal 17:17 yang berbunyi

"Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran."

Refleksikan pada diri kita masing-masing...

SUDAHKAH KITA MENJADI SAHABAT YANG BAIK???

Karena sebelum kita mendapatkan seorang sahabat yang baik, kita harus terlebih dahulu harus bersikap sebagai SAHABAT yang BAIK bagi setiap orang.

Dan aku merasa...

AKU SUDAH MELAKUKANNYA...

Tapi...

SIAPAKAH SAHABAT BAIK KU???

Beberapa photo sahabat-sahabatku...






SIAPAKAH SAHABATMU???
4 Responses

  1. Miss Karina Says:

    @dedy : hohoho, iya ntar tak edit, habis nggak ada photo pas bareng2 wkwkwwk... yang kebetulan aku dapet aja dedy, langsung aku masukin... hhi...


  2. Anonim Says:

    wah ada akuu :p wkwkwk
    jd ga malu deh..
    hahahhaa :p
    wah rin ftony kurang bnyk tuh kyny..
    akkakak :p


  3. Miss Karina Says:

    @elis: hahaha, itu juga ngambil photonya dadakan...
    hahahaha...
    ntar klo banyak2 mah ada waktunya... wkwkwkwk
    sabar yah lisss....


My Plurk

My Fav Song, Please Listen...