Behind The Scene MY PARADISE IS YOU

"NI HAO !!! BACALAH..."

Sepertinya, DRAMA sudah melekat di hati anak-anak IPA sekarang. Bagaimana tidak? Saat kita kelas XI IPA, drama-drama mulai lahir satu per satu bermunculan dan terbawa hingga sekarang. DRAMA semakin tumbuh subur di dalam hati anak-anak IPA khususnya kelas XII (kelas aku). Belum selesai drama yang satu, drama lain sudah menunggu. Bisa jadi jurusan kita berubah menjadi IPA BAHASA. Tapi kita harap, kita segera terbebas dari tugas-tugas drama, ya karena kita tahu sebentar lagi kita akan menghadapi ujian. So, kita harus lebih fokus pada ujian. Tapi, kalau aku mah ya suka-suka aja dalam proses pembuatan drama.

Kebetulan, guru conversation kita, Mr.Ruby waktu itu memberi pilihan, DEBATE atau DRAMA. Akhirnya, XII IPA memilih untuk drama saja. Tapi setelah itu ada beberapa anak yang mengeluh, "Kenapa kita nggak milih debate aja..." Tapi menurutku, asal drama kita laksanakan dengan senang hati tanpa ada beban, semuanya pasti akan berjalan dengan baik. Tema yang Mr. Ruby berikan adalah L.O.V.E. Pasti kita sudah mengenal yang satu ini khan? Cinta ini bisa dalam berarti universal, tidak terpaku pada pacaran saja, bisa yang lain...

Kelompok aku terdiri dari 8 orang. Kelompok dengan jumlah anggota paling banyak sendiri (kayaknya).
1. Andrew Hans Ritdrix
2. Fransiska Oktavia
3. Handi Wiranata
4. Karina Aprillia
5. Khrisanto Sanjaya
6. Lisa Maghdalena
7. Margaretha
8. Royman Taruli Tua

Pertama, kita disuruh kumpul dalam satu kelompok dan berdiskusi. Kebetulan, Handi nggak masuk jadinya kelompok kira rada 'tenang'. Aku bingung, siapa yang bakalan menjadi pemeran utama, antara Handi atau Royman. Aku putuskan, Royman yang jadi pemeran utama. Tapi, aku bingung mau cerita apa? Homo? Atau apa nih? Aku sih pengen munculin unsur humor nya si Royman, muka dia khan udah ancur banget tuh, nah bisa jadi bahan tertawaan... *maaf* Muncullah satu konsep, yaitu dunia pekerjaan. Tapi, selama 1 jam 30 menit belum ada hasil yang pasti alias masih melanglang buana. Hahahaha

Jujur aja, pertama aku seneng banget ada drama lagi, tapi pelaksanaannya susah banget. Dari buat script aja tuh males-males an. Minggu pertama adem ayem aja, nah saat minggu kedua setelah diberi tugas drama, aku berpikir, "Gila, belum ada naskah sama sekali... Gimana nih? Bisa-bisa ntar tugas numpuk..." Akhirnya aku putuskan, sehari sebelum pertemuan pelajaran conversation, aku membuat naskah awalnya. Alasannya kalau ditanya ama Pak Ruby biar bisa gaya sedikit, "Lagi dalam proses pembuatan nih..." Hahahaha... Jadilah 3 halaman. Sebenarnya kerangka naskah nya sudah dibuat, dalam pikiranku sudah ada, oh ini... oh itu... oh begini... oh begitu. Tapi susahnya tuh saat proses penuangannya ke dalam bentuk naskah. Susahnya minta ampun, karena aku tuh paling males ngetik.

Tapi entah malaikat dari mana, aku tiba-tiba semangat menulis naskah dalam Bahasa Indonesia. Aku tidak terlalu ambil pusing dengan bagaimana terjemahin naskahku, karena sudah ada salah satu anggota kelompok aku yang bersedia menerjemahkannya, dia adalah Andrew Hans Ritdrix. Hmm, aku agak kagum dan speechless juga sama dia, dalam waktu singkat, dia bisa nerjemahin begitu banyak naskah. Dan hasilnya pun memuaskan. Aku cerita ke papaku betapa hebatnya si Andrew, terus papaku ngomong, "Nah, sekarang tanya, bagaimana dia bisa nerjemahin secepat itu..." Tapi sampai sekarang aku belum nanya in... Hahahaa

Puji Tuhan, entah aku harus bersyukur atau tidak, naskah sudah selesai. Dengan panjang halaman sebanyak 22 lembar HVS, no spacing. Awalnya aku bergumam, mudah-mudahan teman sekelompokku tidak mati gara-gara melihat naskah ini. Harus kalian ketahui, waktu itu aku pernah buat naskah BAHASA INDONESIA sebanyak 20 halaman dan itu masih pakai spasi, nah kalo yang ini lain naskah pakai BAHASA INGGRIS sebanyak 22 halaman dan TIDAK menggunakan SPASI. Makanya, kalau nyuruh aku nulis naskah harus pakai spasi soalnya otakku akan memerintakan untuk memberhentikan produksi imajinasi kalo udah mencapai angka 20. Nah, ini beda sama yang kemarin, nggak pakai spasi sedangkan otakku terus mengeluarkan ide sampai batas maksimum yaitu 20 halaman. Jadi jangan heran, kalau aku selalu menggunakan spasi dalam naskah ku itu dikarenakan untuk menjaga ke'khilaf'an diriku...

Untuk pemilihan judul, aku bingung saat harus menentukan judulnya apa. Aku buka-buka daftar lagu, ada satu kata yang membuat hatiku bergetar PARADISE. Hmm, dibuat judul kayaknya bagus. Pertama aku tunjukkin ke teman aku, judul PARADISE bagus nggak sih? Waktu itu aku tanya ke Siska, judul mana yang bagus. Waktu itu aku kasih 3 pilihan, PARADISE, MY PARADISE IS YOU, satu lagi lupa. Aku kira dia milih PARADISE makanya aku ikutin, padahal aku suka judul yang kedua, taunya Siska tuh pengen yang MY PARADISE IS YOU juga. Fiuh, sama deh...

Akhirnya, setelah naskah sudah jadi, aku langsung meminta supirku untuk photo copy naskah sebanyak 8 (sesuai dengan jumlah anggota kelompokku). Satu orang harus bayar Rp 3.500,- Setelah diberikan ke masing-masing anggota, kita pertama reading dulu. Pertama, dimulai hari Sabtu, setelah aku selesai ikut ekskul Jurnalistik. Muka teman-temanku sudah lusuh semua, harusnya enggak donk, demi keuntungan oribadi mereka mau pulang sampai sore, nah ini naskah udah dibuatin, tinggal belajar baca aja kok masih aja ada yang mengeluh. Ya, aku harus tegas donk, masa aku juga ikut-ikutan malas, nggak niat, pasti bakal hancur deh... Si Royman, juga susah banget diaturnya, pengennya mau pulang terus, suruh latihan buat video, ketawa terus. Maunya apa sih tuh manusia???? (-.-#)

Berikut photo-photo awal kita latihan.


Di sini aku pasangkan mereka menjadi Anak (Royman) dan Ayah (Andrew)

Mencoba mendalami peran, meski hanya sedikit nampil


Calon big tender nih Siska...

Setelah berulang kali latihan, akhirnya hari Senin tanggal 23 Agustus 2010 merupakan latihan terakhir kita... Huuuuhuhuu sedihnya, aku nggak terlalu yakin apakah penampilan ini akan bagus. Oh ya, ntar nggak usah aneh lagi, kalo saat kita performance, kita menggunakan naskah karena Mr. Ruby mengizinkan kita untuk menggunakan naskah lho....

Berikut adalah photo-photo terakhir kita latihan...


It's ME!!! Pemeran Utama Wanita dari MY PARADISE IS YOU

He is Royman. Pemeran Utama Pria.


Andrew jadi papanya Royman. Cocok khan???

Khrisanto jadi teman Royman dan Tukang Pos

Yang ditengah itu, yang jelek mukanya, itu si Handi


Dimulai lah latihan sesungguhnya....

Si Anto habis angkat galon, makanya pegel linu gitu...


Aku jadi atasan Royman nih, secara Royman itu Cleaning Service

"Roy, kamu harus terima kalo kamu itu jelek..." sahut Anto

Si Anto kayak apa aja deh... Kayak ngiringin aku ama Lisa aja...


"Bodoh banget sih kamu, ROY!!!" ujarku kesal.

Makan Mas???

Ini dia SI TUKANG POS (ANTO)


Pak Ruby datang melihat persiapan kami

Si Getha ama Si Lisa lagi liat apa ya? Kok seneng banget...

Oh ya, waktu kita latihan Pak Ruby datang ke kelas untuk melihat persiapan kita. Tapi ada perkataan beliau yang membuat aku jadi sebel juga... Kita masih latihan sampai jam 3 sore.

Pak Ruby : "Ya ampun... Masih latihan???"
Aku : "Iya, Pak... Ini demi Bapak lho..."
Pak Ruby : "Aduh, enjoy aja kali di pelajaran saya mah... Tenang aja..."
Aku : (melongo)
Pak Ruby : "Udah pulang... Pulang... Udah sore nih... Kasian kalian..."
Aku : (nggak seneng) "Lho kok Bapak gitu sih? Malah nyuruh kita pulang? Terus besok nampilnya jelek gitu? Nih, ya Pak... Denger... Guru lain tuh nggak ada yang kayak Bapak... Mereka masa bodoh, mau capai kek, mau lelah kek, yang penting tugas yang mereka kasih tercapai. Bapak jangan memanjakan anak-anak atuh..." (lho? jadi marah?)

Eh terus Handi ngebela Pak Ruby

Handi : "HEH, KAR! Guru kayak Pak Ruby nih yang harus kita bela. Kenapa lo bela guru-guru lain..."
Aku : "Ya habisnya, kita khan udah mau memberikan yang terbaik. Masa disuruh SANTAI???"

Perdebatan yang begitu menyenangkan. Akhirnya, selesai juga latihan kita. Kostum ama perlengkapan biarkan saja aku yang ngurus. Ntar di sms in ke tiap pemain. Dan besoknya tanggal 24 Agustus 2010 adalah hari besar kita. Hari di mana kita akan tampil. Doa kan kita semoga berhasil ya... Hehehe... Pulang ke rumah sampai sore... Hahahha


Karina Aprillia
0 Responses

My Plurk

My Fav Song, Please Listen...