Mengetahui dan Mengerti untuk Menjalani Kehidupan Nanti

Akhirnya aku bisa keluar rumah juga. Setelah beberapa waktu terkurung di rumah eh merasakan bebas juga deh. Sudah lama ku menantikan saat-saat ini. Tapi tunggu dulu, aku keluar rumah bukan hanya sekedar keluar rumah lho, tapi aku keluar rumah untuk ke rumah Tuhan alias gereja. Yup, aku harus menggunakan waktu liburan yang masih banyak ini dengan hal-hal yang berguna, salah satunya ya ini, pergi ke gereja.

Nah, hari Jumat tanggal 08 Juli 2011 lalu, aku ikut kebaktian Pasutri (Persekutuan Suami Istri), awal awal aku kira Pasukan Suami Istri, hahaha... Kan lucu... Biasanya sih ya aku nggak pernah ikut, pernah sih sekali. Tapi aku penasaran aja mau ikut, soalnya ya gtu. TEMA nya itu MENARIK. Yup, aku lebih semangat apabila tema yang dibicarakan SERU. TEMA PASUTRI kali ini adalah "Bagaimana Menjadi Pasangan yang Berkepribadian Sehat?"



Okay, pembicaranya bisa kalian liat Lie Seng Cuan, S.Psi, M.A. Dan beliau memang seorang psikolog dan lebihnya lagi, cara beliau berbicara, menyampaikan, sangat atraktif dan menyenangkan. Dalam posting ini, aku akan membagikan sebagian yang aku dapatkan dalam kebaktian Pasutri ini.

Perasaan dari awal sampe akhir khotbah, Pak Lie Seng Cuan kagak pakai alkitab dah. Apa aku lupa atau tidak, pokoknya nggak buka alkitab. Jadi ini lebih ke sharing, yah layaknya seorang psikolog ke pasiennya. Tapi menurutku, justru ini menarik. Haha...

BAGAIMANA MENJADI PASANGAN YANG BERKEPRIBADIAN SEHAT ?

Dimulai dengan membahas apakah arti dari KEPRIBADIAN. Menurut Pak Lie, Kepribadian itu diandaikan seperti TOPENG. Nah tau kan topeng itu apa ? Topeng itu layaknya sesuatu yang menutupi jati diri kita yang sebenarnya, apakah topeng itu baik atau tidak. Topeng juga dapat menutupi hal yang tidak baik menjadi baik atau pula sebalinya menutupi kebaikan dengan hal yang tidak baik *ribet banget yak kata-katanya*



Nah terus nih ya, kepribadian yang sehat juga disangkutpautkan dengan GILA dan STRESS... Hayooo, siapa di antara kalian yang memiliki salah satu sifat tersebut ? Ngomong-ngomong soal GILA dan STRESS, apakah kalian tahu persamaan dan perbedaan keduanya ?? Mari kita bahas.

Kalau persamaan GILA dan STRESS adalah sama-sama membuat dunia sendiri. Misalnya begini, kalau di antara kalian suka melamun dengan mengkhayalkan sesuatu nih ya. Namanya itu susah membuat dunia sendiri. Eits tunggu dulu, meski kalian suka mengkhayal, kalian bisa dikategorikan GILA atau STRESS. Soalnya perbedaan antara GILA dan STRESS itu tuh ya, kalau GILA = membuat dunia sendiri untuk selamanya, sedangkan STRESS = membuat dunia sendiri, tapi bisa kembali ke dunia nyata.

Sebenarnya STRESS itu wajar nggak sih ? Jawabannya YA. WAJAR. Come on, siapa sih yang nggak pernah STRESS? Acungkan jari telunjuk. Nggak ada kan? Setiap orang pasti pernah merasa STRESS, baik dia sadari atau tidak.

Pasangan yang memiliki kepribadian sehat itu adalah pasangan yang bisa menahan semua masalah. Yup, semua masalah bisa dipikirkan jalan keluarnya dengan kepala dingin. Tidak semua masalah diselesaikan dengan cara marah-marah, mengumpat, atau melakukan hal yang jelek.

BAGAIMANA CARANYA ?


1. HEAD
Kita harus mengenal dan menerima diri kita sendiri dan juga pasangan kita. Kita harus saling menjaga perasaan masing-masing dengan cara saling menyeibangkan setiap sikap yang dilakukan.

2. HEART
Melandasi hubungan dengan kasih. Mungkin seiring bertambahnya usia, berkuranglah rasa kasih (sebagian orang mungkin). Rasanya gimana ya? Rasa cinta di awal itu mulai memudar, pernahkah mama papa kalian mengucapkan I LOVE YOU, Aku sayang kamu, atau rayuan gombal yang pernah diucapkan oleh kedua pihak saat pacaran ? Pernah mendengar mereka saling memuji lagi ? Mungkin jarang ya...

3. HAND
Lakukan dan ekspresikan. Sama seperti awal cinta itu tumbuh. Tetap menjaga rasa SER SER AN nya...

KONFLIK KOMUNIKASI

1. Adanya transaksi silang
Artinya : Mau A malahan dapat B

2. Exclusion
Sikap kaku dan tidak dapat menyesuaikan diri bahkan bersikeras memakai rolenya yang disukai terus menerus.

3. Ego Defense Mechasism
Pertahanan rasa ego, karena tidak mau dipermalukan secara tidak langsung.

TIPS PASANGAN BERKEPRIBADIAN SEHAT


1. Bukalah topengmu
2. Kenakan kasih dan ketulusan
3. Ingat pasangan adalah manusia biasa.

Dari khotbah kali ini, saya mendapat banyak pelajaran, kiranya khotbah ini akan menjadi bekal saat saya berkeluarga nanti *ceile*

Karina Aprillia
0 Responses

My Plurk

My Fav Song, Please Listen...