Behind The Scene MIRACLE OF STARS PART 1

PROLOG

Dari penulis untuk pembaca,


Artikel ini merupakan utangku yang kesekian kalinya. Yup, seharusnya postingan ini sudah ada sejak tahun 2010 kemarin, tetapi lagi-lagi dengan alasan yang sama yaitu karena kesibukan sang blogger yang mana sibuknya itu tidak bisa diganggu gugat yaitu ingin menghadapi ujian dengan sebaik mungkin. Akhirnya, terpaksa harus ditunda terlebih dahulu. Dan detik ini, aku memutuskan untuk mempublikasikan pekerjaan 'berat' aku dan teman XII IPA. Rencana mau buat satu postingan, tapi seperti nya jangan deh, soalnya nanti photo yang akan ditampilkan hampir 100 photo. Jadi, aku memutuskan untuk membuat 2 postingan. Semoga tidak membuat teman-teman bosan dalam membacanya.

Let's Begin The Story...



Saat masuk kelas XII, ada satu hal yang aku tahu pasti yaitu "LOMBA DRAMA". Ya, setiap tahun, setiap angkatan kelas XII pasti selalu diadakan Lomba Drama Bahasa Inggris. Tujuan drama ini diadakan adalah untuk nilai praktek Bahasa Inggris dan juga ditampilkan saat acara PENSI SMA Yos Sudarso Karawang. Artinya saat PENSI nanti ada 3 penampilan drama dari tiap kelas yaitu XII IPA, XII IPS 1 dan XII IPS 2. 3 drama dengan tema yang sama tapi cerita yang berbeda. Aku juga sudah siap kok sebagai scriptwritter dari drama ini, karena udah kebiasaan ditunjuk untuk membuat skrip.

Sebelum membuat skrip dan menghadapi persiapan drama tersebut. Mr. Ruby meminta pelajarannya untuk dibuat drama. Beuh, aku sih seneng aja dengan adanya drama, tapi tidak begitu dengan teman-temanku. Ya, ada respon yang menolak. Kok drama??? Padahal, ada pilihan lain yaitu DEBAT dan aku sangat sangat tidak berharap pelajaran Conversation itu DEBAT. Uuugghh, paling males banget karena aku paling benci sama debat karena aku bukan orang yang suka debat. Finally, kelas aku milih drama deh. Dan dari Mr. Ruby ditetapkan tema. LOVE. What the....? Ya sudahlah, akhirnya kelas kami mempersiapkan drama Conversation. Haduh kayaknya kelas kami itu sebenarnya kelas drama deh. Soalnya dari kelas XI, kelas kami tuh udah kelimpungan menghadapi drama, drama, dan drama. Nggak bahasa Inggris, nggak bahasa Indonesia ==" ada weh drama nya... Pusing dah... Kayaknya ini bukan kelas IPA deh... KELAS BAHASA IPA. Wkwkwk...

Untuk membuat skrip, aku sih siap-siap aja. Tapi yang dipermasalahkan itu adalah "Apakah tema dari PENSI kali ini?" Aku sih cari-cari informasi dari Ibu Ida (Guru Bahasa Inggris). "Bu, apa sih tema nya ? Kapan tema nya tembus ?" Dan pada akhirnya, aku lupa nggak tau persis bulan apa, yang pasti waktu itu lagi pelajaran Bahasa Inggris, Bu Ida memberitahukan tema dari PENSI. Dan didapatlah SHINE LIKE STARS. Ya, itulah tema nya, Shine Like Stars, Bersinar seperti Bintang. Langsung... Segera otakku berpikir bagaimana konsep drama untuk IPA ini. Krek cetek ckittt ngek ngok *bunyi otak ku kerja* Dari judulnya sih ya, kayak omongan FROM NOTHING TO SOMETHING, DARI YANG BIASA MENJADI LUAR BIASA. Kalau mau cerita gampangnya, seseorang yang miskin, diremehkan, tau taunya jadi terkenal gitu deh... Itu sih cerita gampang nya yaaaa. Tau nggak apa yang pertama aku pikirin untuk skrip IPA? FAIRY TALE. Ya, Fairy Tale. Kayak barbie barbie gitu, dan setelah aku usulkan ke teman-temanku, wow, reaksi nya sih lumayan, ada yang bilang susah untuk properti nya, ada juga yang bilang oke. Jadinya, kita sering bahas bahas dan nyanyi nyanyi lagu barbie deh di kelas. Seru lah pengen ngakak. Tapi tunggu dulu, sebenernya aku agak trauma dengan tema Fairy Tale. Soalnya waktu kelas XI, aku juga menangani drama Fairy Tale tapi GAGAL! Kalau nggak mau ambil pusing, aku sih mau aja ambil cerita yang simple yang sesuai dengan kejadian sehari-hari kita, tapi dalam otakku pengennya Fairy Tale, Fairy Tale dan Fairy Tale. Ini tantangan buat aku. AKU SIAP!!!

Aku juga masih mikirin bagaimana jalan cerita drama saat Live In tanggal 26 September 2010 - 3 Oktober 2010, aku masih bingung bagaimana caranya cerita yang ada di otakku muncul, tiba-tiba BLUG skrip jatuh di depan mata. Tapi itu nggak mungkin. Sangat tidak mungkin, kecuali ada orang pembuat skrip film barbie terus nggak sengaja dibuang, terus nggak sengaja terbang ke rumah aku, baru bisa. Tapi sayangnya itu angan semata.

Setelah Live In selesai, well, aku mau fokus buat skrip nya tapi entah kenapa mentok terus otak aku tehhh... HUAAAA... Dan lagi ada musibah terhadap diriku sehingga aku harus off dulu, sementara waktu dari dunia sekolah. AKU KONSLET. ERROR alias SAKIT. Sakit aku kambuh lagi dan mengharuskan aku masuk Rumah Sakit selama 4 hari, itu juga aku maksa pulang... Pokoknya aku nggak sekolah dari tanggal 13 Oktober 2010-14 Oktober 2010, masuk hari Jumat 15 Oktober 2010, sakit lagi tanggal 16 Oktober 2010, panas nggak turun turun, jadinya 17 Oktober 2010 aku masuk Rumah Sakit. Dan aku pengen banget pulang, sekolah, ngurus drama. Tapi sayangnya nggak dibolehin sama Pak Dokter, ya sudahlah....

Hari Senin tanggal 25 Oktober 2010 aku kembali lagi ke sekolah. Oya, waktu di Rumah Sakit aku nonton film Enchanted dan aku sangat berterima kasih kepada film itu, berkat dia, aku dapet ilham buat cerita. Dan aku merencanakan ada lagu dari film tersebut untuk Soundtrack drama IPA ini. Di Rumah Sakit juga aku sudah mencari nama-nama untuk para pemain drama IPA lho... Meski di Rumah Sakit, tetep aja sibuk, hahaha :D Tak lupa juga, aku membuat Panitia Pesiapan Drama Pensi (PPDP). PPDP ini aku ulang berkali kali lho... Dan masih acak-acakan, tapi pas sampai dibawa ke teman-teman, langsung mereka obrak abrik dan akhirnya menjadi sesuatu yang bagus dilihat. *Aduh kok jadi segmen curhat ya ???*


Production
YOSUKA SENIOR HIGH SCHOOL XII SCIENCE

Genre
Drama Musical and Romantic

Duration
45 - 75 minutes

Director
Frisca Sutanto

Co. Director
Michael Ingga Gunawan

Scriptwritter
Karina Aprillia
Maywita Farah Dwi Putri Yoesoef
Meiliana
Zita Puti Karina

Translator
Andrew Hans Ritdrix

Sound Director
Dedy Martadinata
Khrisanto Sanjaya
Edwin Aliwarga

Costume
Elsye Sugiarto
Fransiska OH

Choreography
Florencia Octa CH
Devi Christiana

Decoration
Jessica Aprilia
Meykelia Gozali
Lisa Maghdalena
Margaretha
Leni Gustini
Kartika Sari Putri
Fristalia Widya
Melanny Suparman
Yohanes Hermawan
Rionaldi
Royman Taruli Tua Sibagariang

Equipment
Dionisius Pandu
Aloysius Ade Pratama
Erik Wijaya
Handi Wiranata
Lambertus Manduro
Michael Kelly Sawlani
Putu Christ Aryanto

Dalam drama ini memang semua siswa diwajibkan berpartisipasi dari persiapan hingga penampilan drama ini.

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Teks drama yang sedikit demi sedikit dibuat sepertinya tidak cocok di hati aku. Serasa gimana gitu. Bukan The Real Karina. Jadinya aku agak rombak ceritnya agar sesuai dengan hati aku. Untuk permasalahan translate-translate an, aku minta bantuan Andrew dan Edwin, tapi pada akhirnya aku harus memilih Andrew saja yang mentranslate karena gaya bahasa Edwin tidak sreg di hati aku.

Hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2010, sore sore, aku kerjain skrip nya, entah kenapa otak aku mengeluarkan cerita dengan sangat lancar seperti orang lagi m*ncret... Lancar sekali... Dan akhirnya selesai jugaaa deh, langsung kirim ke Mr. Translator, Andrew Hans. Proses translate nya pun agak lama, 2 hari an, dan harus di edit lagi oleh Zita. Pokoknya entah bagaimana selesai nya, 04 November 2010 skrip siap untuk di record. Oh ya, ada penghilangan beberapa scene dan tau nggak aku sebel banget, cemberut karena mengharuskan menghapus scene yang 'tak berguna'. Ya sudah, aku hapus. Dan setidaknya mengurangi panjangnya waktu drama kita. Waktu yang diberikan 75 menit. Padahal awalnya waktu yang diberikan untuk satu drama 90 menit. Sebal ya...

SKRIP REMBUK, RECORDING READY, BACKGROUND JALAN.


SKRIP SELESAI = TUGAS LAIN MENUNGGU

04 November 2010 - 20 November 2010 siang, kelas IPA sibuk sibuk sibuk dan sibuk. Ada yang stress, ada yang sibuk banget, ada yang santai santai aja ==" nggak mau bantu sama sekali. Kalau lagi emosi, bisa aja kita marah-marah. Tapi aku pribadi, aku cuma marah sekali, kesel aja, karena timing recording yang harus sering diganti. Memang itu sepele, tapi kan ya kalau waktu nya harus beres tapi ternyata belum beres padahal dikasih kesempatan untuk beresin ??? *lho kok kesel ?*

3 minggu berjalan sangat cepat sekali. Kalau aku sih, pergi pagi pulang sore. Ada juga kendala yaitu tidak ada nya supir sehingga aku harus pulang naik angkot, kalau sore itu biasanya nggak ada temen, karena temen-temen Cikampek udah pada pulang, terpaksa aku sendiri naik angkot. Dan aku takut banget kenapa-kenapa. Tapi Thanks God, sampai berakhirnya drama, aku nggak kenapa-kenapa tuh... Hmm, waktu paling malam itu nyaris jam 9 malam (tapi untuk kali ini naik mobil pribadi)

Oya, saat latihan drama ya, makan an XII IPA tuh kalau nggak ketoprak, mie ayam, sangtau, atau nggak Amazy. Sampai bosen dehh... Aku juga membelikan aqua gelas, waffle untuk teman-temanku, supaya mereka makin giat berusaha dan tetep semangat seperti aku... *Narsis mode on* Aku kan nggak mau teman ku pada loyo, dan aku kekurangan bala tentara.



Untuk dekor, aku serahkan kepada Jessica Aprilia, karena otak aku yang gila ini cocok dan pas banget sama dia, nyaris 100%. Ternyata, dia juga sedih kalau skrip aku nggak jadi jadi, soalnya tanpa skrip dia bingung mau buat background apa.




Rencananya mau pakai kertas semen, hal sama yang pernah kita lakukan saat menghadapi drama di SMAN 1 Karawang (masih inget gak? kalau nggak klik di sini), tapi rencana itu diganti karena banyak alasan yang tidak mendukung. Jadinya menggunakan apa sih ini teh ?




Yang rencananya akan dibuat seperti ini



JADINYA KAYAK GINI


Pokoknya untuk bagian dekor membuat kelas seperti kapal pecah. Bagian depan kelas sih masih rapiihhh, pas liat bagian belakang eh buseett dah, berantakan booo, aku adalah satu orang yang duduk di bagian belakang, jadinya ngeliat terus deh...



Bagian lainnya adalah membuat pohon, membuat rumput, membuat mahkota dan masih banyak lagi...

MEMBUAT POHON
















DOR!!!


PEMBUATAN KURSI KERAJAAN











Ternyata banyak teman lain yang ingin membantu dalam dekor, soalnya dekor itu seru. Main cat, main gergaji, de el el.




MEMBUAT DAUN POHON






Untuk dekor, kita mengerjakan juga di aula dan depan laboratorium. Sampai sampai dekor hampir memenuhi aula...


CARA ROYMAN BEKERJA


BERPIKIR



MEMBUAT SKETSA

MENGGAMBAR DI KAIN












Guess what!!! Anak IPS sudah siap 90% disaat anak IPA baru 75%. Ya ampunnnn... Pokoknya IPS itu pakai fasilitas deh, membuat IPA tercengang dan bergumam, "Mantap banget ya???"

Tapi Tuhan tahu apa yang kita butuhkan. Sampai selesai, kebutuhan kami selalu dicukupkan. Ada kejadian juga saat Speaker tidak dapet dikembalikan ke kantor guru, karena kantor guru sudah tutup. So, kita taruh di kelas. Aku takut banget ilang, aku tulis di papan tulis. Surat untuk Tuhan supaya menjaga speaker tersebut. Dan ternyata sampai besok pun speaker tersebut nggak hilang.

Masalah urutan penampilan. Aku percayakan Royman untuk mengambil nomor urut. Karena aku tau tangan dia 'bau'. So, terbukti. IPA mendapat urutan PERTAMA. Wwkwkkw, aku ketawa puas banget. Tebakan aku jitu dan pilihan aku nggak salah coy! Thanks Royman!

Proses recording juga berjalan dengan seru. Dengan berbekal kemampuan aplikasi, kebetulan teman kami, Dedy Martadinata pernah menangani proses dubbing sebelumnya, saat drama ini pengen dubbing pun tidak menjadi masalah bagi kami. Untuk edit music dibantu oleh Edwin, Khrisanto atau Handi tapi kayaknya dia cuma bantu 10% kurang dah =="





Proses dubbing menggunakan ruangan UKS, tepat di sebelah kelas kami. Pokoknya ruangan itu harus sepi, tidak boleh ada suara kecuali suara orang yang berkepentingan.




Nyaris 45% aku nge edit sendiri ==" karena yang aku suruh malah kerjain yang lain gtu deh, bantu bantu tim dekor yang ternyata kekurangan orang. Okay! Aku ngerti! Fine! Untung aku bisa juga menggunakan applikasinya.



Proses pemilihan narator pun membingungkan. Pertama kali rencana nya aku yang jadi narator. Tapi aku pikir Lisa Maghdalena cocok deh jadi narrator, soalnya suara Lisa itu jernih dan lembut. Aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini.



Mau tau serunya saat recording, bisa kalian liat diphoto selanjutnya...





Peralatan juga dipegang oleh Handi Wiranata, Erik Wijaya, dan kawan-kawan. Dan aku salut banget sama mereka, mereka tuh gunain IPA nya mereka untuk nge gantung background. Kita juga pasang katrol lho, walau pakai tukang, bayar 20 ribu. Hohoho... Untung nggak ada kendala 'berat' dalam pemasangan katrol. Mau lihat bagaimana serunya mereka pasang katrol, yuk check video di bawah ini...


video




Masalah lainnya lagi adalah koreografi ==" tetep aja aku sudah suruh Devi sama Florencia, eh malah si Frisca nyuruh aku cari koreografi. Kebetulan aku kan nggak olahraga, aku disuruh liatin Video Camp Rock, terus cari gerakannya, WHAATT??? Eh untung pas semua udah selesai olahraga, mereka bantu aku. So, dapet deh gerakan penutupnya :D

Tak lupa juga kita membicarakan masalah kostum. Ditangani oleh Fransiska Oktavia. Waktu hari Sabtu, satu minggu sebelum tampil diadakan fitting baju, sebelum pelajaran sejarah... Yuk lihat... Ada juga photo saat fitting baju di tempat peminjaman baju... Oya, kostum anak lain sudah milik pribadi, jadi tidak usah pusing lagi deh :)






Setelah beres, hari-hari dipenuhi dengan latihan, latihan dan latihan. Sampai satu hari sebelum penampilan, masih saja sibuk sibuk dan sibuk. Kelas juga berubah menjadi tempat latihan drama.





Papan tulis penuh coretan, tulisan dan perintah dari Ibu Director, Frisca Sutanto, ada juga gambar gambar dari tangan Royman Taruli Tua yang lucu. Latihan sepertinya tidak mengambil pelajaran lain selain pelajaran Bahasa Inggris dan Conversation, walaupun pernah ambil jam, pasti dalam skala yang sedikit. Bahkan persiapan juga dilakukan hari Minggu ataupun hari libur... Pokoknya niat banget deh... Secara waktu penampilan hampir dekat booo...













LATIHAN DANSA



LATIHAN HARI TERAKHIR





Untuk check sound dengan speaker besar itu hari Sabtu, pas hari H dan ternyata ada kendala dengan soundnya, ada masalah apa mah, nggak keluar suara di speakernya... Untung saja Dedy de ka ka dapat memecahkan masalahnya, kalau tidak APA KATA DUSUKA (plesetan DUNIA). Selain check sound, kita juga test katrol dan juga pemasangan dekor...



Untuk hari H nya, lihat ke postingan yang lainnya...

Satu lagi, masalah JUDUL DRAMA. Pusing judulnya apa... Pertama aku mengusulkan BATTLE OF STARS, tapi kata Jessica judul itu serasa serem serem gimana gtu, jadinya diganti deh... Judul nya jadi MIRACLE OF STARS... Hhahaa... Ada tag title nya "Break Your Imagination". Kalimat ini aku dapet dari Zita, dia nulis di papan tulis, Break Your Love. Ya udah aku plesetin. Thanks Zita *muach muach muach*

Wah kayaknya satu postingan untuk cerita cukup ya, tapi tidak dengan photo-photonya... Okay langsung aja deh lihat photo nya... Sedikit dulu ya...

EPILOG

Akhirnya, selesai juga aku bercerita tentang jatuh bangunnya IPA saat membuat drama PENSI INI. Kalau ada cerita tambahan kasih tau aku aja ya, bisa aku tambahin kok :) Sekarang aku lega, karena sudah share sama kalian semua. Bagus nggak ? Ngebosenin ya? Maaf banget yaaahhh... Photo nya gmana ? Biasa saja ??? Haduh haduh kayaknya banyak banget salah ya ?? Aku sudah agak tidak terbiasa posting posting cerita panjang nih, entah kenapa...


N.B : Jangan lupa kasih comment ya, pleaseeee.... Jadi pembaca yang aktif. Thanks...


Karina Aprillia
0 Responses

My Plurk

My Fav Song, Please Listen...