FISRT DAY OF UP

Waktu memang terus berjalan. Tanpa sadar SMA Yos Sudarso Karawang mengadakan kegiatan Ujian Praktek (UP) bagi kelas XII. Hiks, sedihnya http://www.cute-smiley.com Senin, 28 Februari 2011 adalah hari pertama siswa/i kelas XII Ujian Praktek. Untuk artikel ini, aku akan lebih ke kelas aku sendiri yah, soalnya aku yang merasakannya. KELAS XII IPA!!!

Hari pertama UP sudah dihiasi oleh mata pelajaran kesukaan kita lho, udah kayak makanan sehari-hari kita aja, BIOLOGI, FISIKA dan KIMIA. http://www.cute-smiley.com Satu kelas dibagi menjadi 3 bagian yaitu dari nomor absen 1-10, 11-20, 21-32. Kebetulan nomor urutku ya 15, berarti aku ada di antara 11-20. UP ku, pertama kali banget sih BIOLOGI, nah dalam UP Biologi itu sendiri dibagi menjadi 3 kelompok lagi. Aku satu kelompok dengan Jessica Aprilia dan Kartika Sari Putri. UP Biologi ini dimulai setelah persiapan UP Fisika dan UP Kimia juga siap sedia. Untuk pengawasnya, tiap pelajaran itu ada 2 orang. Untuk Biologi, Pengawas 1 itu Pak Ari sedangkan Pengawas 2 Pak Agus. Sebelum dimulai, Pak Ari memberi wejangan kepada kita semua agar kita teliti dalam mengerjakan UP ini. Yang dinilai itu kebersihan, kekompakkan dan katanya nilai yang paling maksimal sih dalam pembuatan laporan kegiatannya.

Saat UP Biologi, kita tuh UJI BAHAN PANGAN. Nggak tahu uji bahan pangan apa, cuma dikasih 2 larutan yang berbeda, Larutan A dan Larutan B. Serta disiapkan juga Reagen untuk kedua larutan tersebut. Untuk kelompok aku, kita memutuskan untuk memasukkan 6 ml dari masing-masing larutan (perintahnya 5-10 ml), kemudian dimasukkan reagen sebanyak 6 tetes juga. Nah, untuk bagian nuangin larutan ke dalam labu ukur tuh aku. Eh gila buset, sumpah dah, tangan aku tuh gemetaran hebat. Nggak tahu kenapa, emank tangan aku suka bergetar nggak jelas. Kebawa-bawa deh sampai UP ini, hahaha... http://www.cute-smiley.com Pak Ari sampai ngomong, "Santai aja dek...". "Iya Pak ini, sudah santai, tapi emank kayak gini tangan aku, getar-getar nggak karuan..." sahutku dalam hati. Nah, untuk uji bahan pangan ini, kita diharuskan membakar tabung reaksi berisi larutan ini dengan bunsen. Jessica melihat tangan aku gemetaran saat menjepitkan tabung reaksi dengan penjepit, dia spontan ngomong, "Karina... Udah jangan... Kamu jangan yang megang penjepit buat ngebakar... Tangan kamu gemetaran gitu...". Hahaha, tertawa maklum saja aku. http://www.cute-smiley.com Jadinya, aku ambil alih saja menjadi penulis laporan. Nah, tugas Jessica sama Kartika nih yang bakar-bakaran. Beh, larutan tadi ada yang melakukan aksi sembur menyembur. Spontan kita teriak (Jessica ama Kartika aja sih) wkwkwkk, pokoknya tuh larutan sampai nyaris habis deh... Tapi untungnya larutan itu berubah warna. Coba kalau nggak -_- nggak bisa aku bayangin deh....

"Waktunya tinggal 5 menit lagi ya..." sahut Pak Ari. Eh buset, kita baru ngebakar satu larutan lho, akhirnya buru-buru deh ganti larutan lainnya. Habisnya larutan yang kita bakar sebelumnya tidak berubah lagi warnanya. Dengan gerakan lihai dan kemampuan yang berlebihan, finally kita berhasil membakar larutan lainnya dengan waktu yang cukup (baca:dicukup-cukupin) http://www.cute-smiley.com "Oke, waktu membuat laporan 10 menit ya...". Untung udah buat laporan duluan jadinya ya lebih cepat lah. Nah setelah selesai membuat laporan, kan masing-masing laporan dari tiap kelompok tuh diperiksa. Perfect, kelompok aku salah tulis. Harusnya nama alat nya tuh LABU UKUR, kita menyangkanya TABUNG UKUR (alibinya : soalnya bentuk nya itu tabung) Kelompok aku salahnya diberapa tetes dan berapa ml kamu memasuki larutan tersebut. Aku nulisnya 5-10, seharusnya 6 tetes (sesuai dengan apa yang kita lakukan). Hanya kelompok Frisca yang benar, huhuhu, sedih... http://www.cute-smiley.com Padahal saat aku menuliskan itu, aku juga agak ragu, 5-10 atau 6 tetes ya? Aku pengennya 6 tetes, tapi malah tetep aku tulis 5-10 tetes. Beginilah nasib orang yang tidak punya rasa percaya diri. Untuk kelompok lain, ada yang salah... Ada yang menyebut larutan ini adalah Air Putih. Padahal sebenarnya larutan itu GLUKOSA. Alibinya gara-gara pas dia nyobain larutannya tuh, nggak ada rasanya... Hahaha... Lagian juga nggak mungkin air putih lah, alibi saya sih ya, inget kan klo uji bahan pangan yang DIBAKAR itu kemungkinan GLUKOSA. Makanya dari dasar teori tersebut, kita bisa langsung ambil kesimpulan. Kalau denger dari kelompok lain, mereka salahnya dijudulnya. Mereka malah judulnya UJI BAHAN PANGAN, seharusnya lebih spesifik lagi UJI KANDUNGAN GLUKOSA, menurutku... Setelah selesai UP Biologi yang amat singkat, kita keluar tuh dari laboratorium dan PING!!! Emang UP Biologi yang paling cepet dari UP lainnya. Pak Ari mantap!!! http://www.cute-smiley.com

Nah, setelah keluar dari laboratorium Biologi, kita langsung berbaur lagi sama teman-teman yang lainnya, saling bertukar cerita, hahai, tapi gara-gara Pak Ari ngomong ke kelompok UP Biologi, jangan kasih tahu siapa-siapa dulu, ya udah kita cerita nya juga sedikit-sedikit. Yang lain lagi menghadapi UP Fisika dan Kimia, aku berbaur ke UP Fisika. Bah, ada yang seneng dapet Jangka Sorong atau Mikrometer Sekrup. Ada juga yang deg-degan gara-gara dapat Neraca atau Avometer. Dua materi terakhir yang aku sebutkan memang agak danger danger gimana gitu... Aku juga awalnya berharap mendapat Jangka Sorong atau Mikrometer Sekrup, konteksku sih "lebih gampang". Eh, setelah diundi aku dapet kertas yang bertuliskan AVO!!! http://www.cute-smiley.com Shock pastinya, orang AVO yang paling aku takutin, eh malah dapet. Langsung aku samperin Dedy atau Edwin, kebetulan mereka berdua mendapat AVO juga saat UP Fisika. -_- ckckck, mereka kan sudah mengerti lah istilahnya, cowo gitu... Si Edwin aja ngomong, "Yang dapat AVO siapa aja?" aku jawab, "Aku, Jessy, Frisca...". DIa langsung ketawa, "Ded, AVO yang dapet malah cewe-cewe...". Hmm, mungkin dia pikir klo cewe mana ngerti masalah seperti itu. Ya, aku tanya-tanya aja si Edwin ama Dedy. Apa aja yang dipertanyakan. Bla... Bla... Bla... Pokoknya bener-bener kelabakan deh... http://www.cute-smiley.com

Setelah istirahat, kita mulai lagi deh UP Fisika. Frisca yang pertama tuh, wkwkwk... Bener-bener pusing dah... Nah aku kan kebanyakan ngobrol, eh, tiba-tiba udah giliran aku. Nah inilah perbincangan antara aku dengan Pak Hari saat UP Fisika.

Pak Hari : "Hohoho (ketawa khasnya) Karina, saya ingin tahu nih, apa saja sih bagian-bagian yang ada di Avometer ini secara lengkap..."
Aku : "Hmm, bagian-bagian aja nya kan?"

Ya udah aku sebutin tuh satu-satu, sampai lampu LED nya pun aku sebutin lho... Kan lengkap...

Pak Hari : "Tapi ada satu bagian lho yang kamu lupakan. Dan bagian itu penting..."
Aku : (kaget) "Bagian? Bagian apa lagi Pa? Perasaan udah disebutin..."
Pak Hari : "Ayo... Bagian itu kelihatan kok, ada di depan mata kamu..."

Aku bingung, bolak-balikin Avometernya.

Aku : (garuk-garuk kepala) "Apa sih Pa?"
Pak Hari : "Menurut saya itu bagian yang sangat penting, masa nggak tahu sih?" (senyum-senyum)
Aku : "Apa ya? Nggak tahu, Pa...." (Nyerah karena merasa udah disebutin semua)
Pak Hari : "Bagian yang penting itu adalah ANGKA-ANGKA nya...."

GUBRAK !!!!! http://www.cute-smiley.com

Okay, okay memang benar sih angka itu penting. Tapi masalahnya.... Ukh... Jadi agak-agak merasa dibodohi. Padahal jawabannya tuh sepele, tapi aku mikirnya terlalu jauh ke mana-mana.

Pak Hari : "Lho bener kan???"
Aku : (senyum dipaksa) "Iya Pak... Penting..."
Pak Hari : "Nah fungsinya angka-angka ini apa?" (menunjuk angka-angka yang ada di sekitar switch.
Aku : "Ya menurut saya sih Pa... Misalnya ada baterai 1.5 Volt. Nah kita ambil batasan 2.5 Volt dalam Avometernya. Jadi angka itu sebagai batasan lah..."
Pak Hari : "Lho memangnya kalau 10 Volt nggak bisa dihitung?"
Aku : "Hmmm (ragu) Nggak deh... Soalnya kemarin saya coba, kalau pakai yang 10 Volt nggak gerak..."
Pak Hari : "Akh masa???"
Aku : "Iya sih kelihatannya..."
Pak Hari : (celingak celinguk) "Okay..."

Aku deg-degan, aku kira Pak Hari lagi nyari stop kontak yang cocok dipakai untuk saya mencari tegangan listrik. DAG DIG DUG DUER deh... http://www.cute-smiley.com

Pak Hari : "Baiklah, kamu hitung tegangan yang ada di dalam baterai..."
Aku : "Pakai berapa batasannya?"
Pak Hari : "10 volt donk... Kan mau bukti in jalan atau nggak..."

Dan ternyata saat aku praktekan tahunya, MASIH BISA GERAK!!! HUAAAAAA.... http://www.cute-smiley.com SALAH DEH!!! Tapi tak apalah...

Pak Hari : "Berapa hitungannya?"
Aku : "Hasilnya 1.4 Volt..."
Pak Hari : "Okay siip..."

Dan akhirnya aku pun keluar dari laboratorium Fisika...

Aku pun langsung berbagi cerita dengan teman-temanku mengenai kejadian di UP Fisika tadi. Katanya aku tuh lama banget di dalam laboratorium nya...

Terakhir, UP KIMIA...
Ini nih yang menguji "getaran tangan kamu sehebat apa?"
Hahaha, agak-agak lebay gimana gtu...
Nah, nah ya... Ini tuh yang paling menguji banget, soalnya setiap kesalahan itu mengurangi nilai, kesalahan simple cuma minus lima kalau ada yang pecah ya paling cuma minus 10 dari nilai maksimal 90. Bah, kalau banyak salahnya. Apa kata dunia??? Ini nih yang paling aku takuti setelah Avometer. Tangan aku yang bergetar apakah akan menyelamatkan aku dalam UP Kimia ini?

Pertama, cuci cuci tabung reaksi. Keringkan. Ada trouble waktu aku bersihin tabung reaksi. Tissue nyangkut di tabung reaksi. Perfect! Jantung berhenti satu detik. http://www.cute-smiley.com Takut tahu... Aku segera cari alat di rak rak... Ketemu pinset, langsung tarik tissue nya dan KELUAR!!! Selamat selamat... http://www.cute-smiley.com Ketahuan nggak ya... Hohoho...

Langsung masukin larutan-larutan, pakai pipet tetes sebanyak 20 tetes. Dan parahnya aku, ada waktu di mana aku mencet pipet tetes terlalu mantap, so... yang keluar tuh banyak... Otakku langsung berpikir, "Oke tenang Karina... Tadi itu sekitar 3 tetes..." Aku langsung lanjut aja terusin kerja, merasa tidak ada hal yang telah terjadi (padahal pasti udah di minus) http://www.cute-smiley.com

Aku sih kerjanya bolak-balik ya... Dilihat satu-satu, balik ke meja, ke depan lagi, ambil reagen yang beda, balik ke meja, catat, ambil reagen lain lagi... Dan, repotnya minta ampyyun...

Tapi untungnya berjalan dengan lancar. Bagus, ternyata ada warna merah muda dan kuning muda. Masalahnya adalah mencari pH. Karena bingung itu warnanya merah muda, pengennya ambil pH di antara. Tapi karena mengingat temanku berkata, "Kalau merah muda ya tetap dikategorikan merah, begitu pula kuning muda, tetap dikategorikan kuning....". Oke aku gunakan itu.

Setelah selesai, ada yang membahas masalah ini. Katanya pH nya tuh antara ini dengan itu. Bzzz, aku salah. Tapi pada saat pembahasan UP Kimia tadi, memang benar, ITU TUH MERAH!!! http://www.cute-smiley.com Yippie!!! Thanks God, thanks teman... Selesai juga deh semua UP. Deg-degan, cape dan buat shock juga :)

Tapi akhir yang menyenangkan... Setelah UP selesai, boleh pulang sih... Dadah bye bye... Muach muach ...

N.B : Aku berhasil mendapatkan photo teman-temanku saat UP Biologi, Fisika dan Kimia. Hahaha, meski UP tetep aja harus diabadikan. Karina gitu lho... http://www.cute-smiley.com
Pengennya ambil banyak photo, tapi takut ditegur, ya sudah, hanya 1 jepretan saja. Photo nggak aku upload, untuk kenangan kita saja...

0 Responses

My Plurk

My Fav Song, Please Listen...