OPERET OSIS

OPERET OSIS merupakan kegiatan OSIS yang terakhir yang telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2010 (hari ini). OPERET ini sebenarnya sudah dirancang sejak bulan April lalu. Tapi karena saya (Karina Aprillia) yang telah dipercaya sebagai pemegang kendali atas OPERET ini banyak job (ceile gayanya) seperti MUSICAL STORY yang dilaksanakan hari Minggu tanggal 02 Mei 2010 lalu, kemudian ada DEBATE COMPETITION tanggal 15 Mei 2010 membuat saya tidak bisa berfokus pada OPERET ini sepenuhnya. Pak Ari (pembina OPERET) berkata bahwa saya harus tetap berfokus pada yang akan dihadapi lebih cepat karena jika saya berfokus pada OPERET juga beliau tidak yakin semuanya akan beres. Ya sudah, saya memutuskan tidak memikirkan masalah OPERET dan fokus pada debate (pusing tujuh keliling dah). Setelah debate terlewati (tim aku kalah, hahaha) saya langsung fokus pada OPERET karena waktunya kurang lebih sepuluh hari lagi. Hari selasa tanggal 18 Mei 2010, saya bersama teman-teman OSIS mencari siswa/i kelas XA, XB, XC, XI IPA, XI IPS 1 dan XI IPS 2 dalam rapat. Setelah itu hari Rabu tanggal 19 Mei 2010 mulai dicari para pemainnya dan ditanyakan satu per satu. Apakah mereka mau berpartisipasi dalam OPERET kita ? Ada beberapa peran yang harus diganti oleh beberapa orang karena ketidaksiapan mereka. Mereka juga malu-malu atau merasa tidak cocok dengan peran itu. Bahkan ada juga beberapa orang yang saya ambil langsung satu hari sebelum pentas dan untungnya orang itu baik hati sekali karena mau membantu saya yang sedang bingung ini.


Kamis tanggal 20 Mei 2010, OSIS mengadakan rapat lagi dan di sana juga membahas kelanjutan OPERET bersama Pak Ari. Saya dipercayai sebagai pemegang kendali alias sutradara dalam OPERET ini, ehm dan juga scriptwriter di OPERET ini… (ribet dah) Dan Pak Ari meminta kepada Dedy Martadinata dan Michael Ingga Gunawan untuk membantu saya mengurusi sound yang akan digunakan dalam OPERET ini. Dedy berkata, “Coba kalau gua nggak masuk tadi pas rapat pasti nggak dipilih…” Dalam hati saya tertawa dan berkata, “Kamu nggak ada ya bakal aku bilang ke Pak Ari ‘Suruh Dedy aja Pak…’ ”.


Dimulailah rekaman pada hari Jumat tanggal 21 Mei 2010. Kita juga memakai guru-guru dalam dubbing OPERET ini (OPERET ini menggunakan system dubbing). Saya juga sudah mengkonfirmasi guru-guru yang bersangkutan seperti Pak Maman dan Ibu Ning, selebihnya seperti Bu Emil, Pak Ari yang mengurusinya. Jam ke 3, saya dan Dedy mulai beraksi, tapi sayangnya kita nggak punya jackmix (nggak tau bener apa salah tulisannya) maka Dedy pergi dari sekolah untuk membeli itu barang. Akhirnya Dedy pun kembali dan dengan menggunakan laptop pinjaman dari Maywita, kita memulai aksi kita yang sempat tertunda. Pertama-tama, kita meminta pemeran scene 1 untuk rekaman. Susah-susah gampang lah ngajarin mereka (Jeffry & Ferry). Eh, udah susah-susah, Dedy ngomong, “Udahlah, sekalian aja sama Ibu Ning nya…”. Zzzzz ya sudah kita panggil Ibu Ning. Selanjutnya tetap sama, scene 2 sampai scene 9. Butuh keseriusan. Di sini saya juga menjadi narrator nya, bagus banget khan… Ribet lagi… (But I Love It)


Pada akhirnya saya memutuskan memilih Florencia untuk membantu saya menjadi narrator sehingga yang jadi narrator ada dua deh, Karina dan Florencia. 50% sudah beres untuk scene yang hanya diperankan oleh siswa/i saja sedangkan untuk scene yang ada gurunya, mereka semua meminta jadwal hari Sabtu tanggal 22 Mei 2010. Pokoknya kita berada di sekolah sampai jam 16.00 lebih lah…


Hari Sabtu jam ke 3 sampai habis kita meminta scene yang ada guru-gurunya. Setelah semua sudah dubbing, dimulailah penggabungan setiap scene dengan lagu-lagu soundtracknya. Lalu penggabungan dengan narrator setiap scene. Ada scene yang paling ribet karena menggunakan musik TOENG…TOENG… Si Dedy aja sampai kesal, gara-gara memenuhi keinginanku. Hahaha, tapi mau juga sih dia… Semua beres sampai jam 17.00. Plus latihan dikit conversation. Si Dedy photo-photo untuk conversation jadi ada scene yang ditangani oleh Michael Ingga. Sudah 75% kerjaannya.


Hari Senin fix terakhir dan semua sudah selesai dari export ke mp3 pada jam ke 7 (100%), niatnya mau latihan, tapi ya gitu deh… Sangat susah diatur. Akhirnya, ya berantakan deh… Begitu pula hari Selasa tanggal 25 Mei 2010, hello… Ini tuh tinggal dua hari lagi. Pak Ari juga udah tanya lagi, kita mau lanjut atau nggak usah. Saya sebagai sutradara ya pengennya ingin lanjut terus. “ENAK AJA DISURUH MUNDUR. KITA KHAN UDAH BERKORBAN BANYAK NIH…” (hehehehe)


Akhirnya kemarin hari Rabu tanggal 26 Mei 2010, latihan yang paling BAIK menurutku. Semua pemain ada, dan kita latihan sampai ending! FANTASTIC ! Cape, lelah, letih semuanya dibayar pada hari ini.

Aku sampai demam panggung karena waktu tampil sudah dekat. Aduhhh…. Sakit peyut… Apalagi aku dan Dedy (yang nggak niat awalnya) diminta untuk menjadi pemimpin tarian ending. Untung aja Dedy mau, ntar aku dansa sama siapa coba ya? Ama setan? Nggak banget khan… Plus kita mau eksis di depan khalayak banyak.


OPERET pun dimulai semuanya berjalan dengan sangat SEMPURNA (mungkin!). Bagian endingnya ya begitu deh, pengen ketawa. Tapi pokoknya aku PUAS dengan project dramaku kali ini… Apalagi appreciate dari orang yang menontonnya sangat memuaskan.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada :


TEACHER


  1. Pak Ari

Thanks ya Pak atas bimbingannya… Kalau nggak ada Bapak, latihan pasti kacau balau deh….


  1. Ibu Saptaningsih
  2. Ibu Emil
  3. Pak Maman
  4. Pak Agus


SOUND


  1. Dedy Martadinata

Uuuhh, Dedy… Thank you so much ya, mau capi-capai bareng aku (TIM OSIS). Pulang sampai sore menjelang subuh. Hehehe… Tapi kerja kamu professional banget deh… Seratus jari deh untuk kamu… Sorry ya kalau aku banyak maunya. Pas ngurusin sound aku malah jingkrak-jingkrakan, nari-nari… Hehehe… Thanks yaa….


  1. Khrisanto Sanjaya

Weiizzzz, terima kasih banyak, To. Udah mau bantu proses rekaman. Thanks juga udah memegang dahiku terus untuk menenangkan aku… Enak lho, To… Mau lagi jadinya…


  1. Zita Puti Karina

Heheee, thanks ya, Mba. Waktu hari Sabtu dah bantuin aku cari lagu yang cocok untuk soundtrack OPERET ini… Hehehee….


CAST


  1. Jeffry F (XI IPS 2)
  2. Ferry (XI IPS 2)
  3. Maria Debby (XA)
  4. Mariskha (XC)
  5. Herdwin (XA)
  6. Khrisanto (XI IPA)
  7. Tasya (XA)
  8. Hera (XA)
  9. Michael Ingga (XI IPA)
  10. Florencia O CH (XI IPA)
  11. Richard (XI IPS 1)
  12. Wicya (XI IPS 2)
  13. Putu Miko (XI IPS 1)
  14. Sugen (XA)
  15. Michael Kelly (XI IPA)
  16. Stevan (XA)
  17. Irvan Ho (XA)
  18. Danu (XC)
  19. Erik Wijaya (XI IPA)
  20. Andrew Hans (XI IPA)


DANCER


  1. Sheli (XC)
  2. Stephanie (XC)
  3. Shindy (XA)
  4. Nathanael (XA)
  5. Gilang (XI IPS 1)


PEMERAN PENDUKUNG


  1. Deli (XC)
  2. Debbi Julianti (XA)
  3. Henry Khristianto (XA)


PROPERTY


  1. Aloysius Ade (XI IPA)
  2. Dionisius Pandu (XI IPA)
  3. Febia Adi Subagja (XI IPS 1)
  4. Maywita Farah Dwi Putri Yoesoef (XI IPA)
Thanks ya maywita atas laptopnya, kalau nggak ada laptop kamu, pasti semua nggak akan beres... Hehehe... Jangan nyesel juga udah selalu pinjemin aku laptop, thanks banget lho ya may... Kamu SANGAT membantu aku... Muachh... muachhh


Pokoknya, kalian susah berhasil. 500 thumbs untuk kalian. LOVE YOU GUYS…


Lalu untuk SOUNDTRACK pengisi OPERET ini, berikut saya lampirkan…


  1. Lesley Gore - Sunshine, Lollipops, and Rainbows
  2. Full House OST
  3. Lenka – Knock Knock
  4. Chrisye – Kisah Kasih di Sekolah
  5. RAN – Jadi Gila
  6. Tangga – Proloque
  7. Bunga Citra Lestari – Luilicious
  8. Yiruma – When The Love Falls
  9. Gruvi – ABC Cinta
  10. Ten 2 Five – You
  11. Doraemon OST
  12. Lenka – Anything I’m Not
  13. Justin Bieber Ft. Ludacris – Baby
  14. OST. Amigos X Siempre
  15. Knaan – Wavin Flag
  16. Miranda Cosgrove – Raining Sunshine


Kalau mau mendengar ya download saja ya… Enak-enak kok lagunya… Try it!


Karina Aprillia


NB : Photo-photonya jelek-jelek… Hehehe… Tak usah ditampilkan yee…. And by the way, apa ya judul OPERET kita ini ???

4 Responses

  1. Karina Says:

    hahahaa....
    masa 13 kali ded...
    ntar aku itung dehhhh


  2. Anonim Says:

    w ikhlas megang jidatnya.....


  3. Karina Says:

    @Anonim: Thanks... Dipikir-pikir enak juga klo kamu pegang jidat aku terus... wkwkwkwk


My Plurk

My Fav Song, Please Listen...