AKHIRNYA DATANG JUGA… TAPI KOK MENDADAK YA ???

Masih inget nggak sama postingan aku yang pertama tentang Pak ST ngasih tau aku tentang Olimpiade Geography? Kalau nggak inget baca dulu deh postingan aku sebelumnya. Khan ceritanya aku belum konfirmasi lagi dengan beliau tentang olimpiade ini. Nah, pada hari Selasa tanggal 14 Februari 2009 (kemarin), aku beserta 3 teman lainnya dipanggil ke kantor. Ternyata panggilan itu untuk membahas penyelenggaraan Olimpiade. Sebelumnya aku akan memberitahukan siapa saja yang akan ikut Olimpiade per mata bidang study (mohon maaf bila ada kesalahan nama dan kelas) :

Fisika
Sarah (XB)
Antoni (XI IPA)
Harris (XI IPA)

Kimia
Maywita (XA)
Rini (XI IPA)
Chyntia (XI IPA)

Biology
Sylvania (XA)
Della (XI IPA)
Levina (XI IPA)

Matematika
Meykelia (XB)
Yohanna (XI IPA)
Debby (XI IPA)

Ilmu Kebumian
Karina (XA)
Audia (XI IPS 2)
Fransisca Agustina (XI IPS 1)

Ekonomi
Frisca (XC)
Ricky H (XI IPS 1)
Yustina (XI IPS 2)

Astronomi
Devi (XC)
Ervan (XC)
Andrew (XB)

Komputer
Michael Kelly (XA)
Sandy (XI IPA)
Vina (XI IPA)

Terakhir, kita semua diberitahu oleh Pak Henda, kita akan ber-Olimpiade ria besok tanggal 15 Februari 2009 (hari ini) !!! Dan tentu saja beberapa siswa protes dikarenakan waktu persiapan hanya 1 hari saja, ini yang membuat kita stress abis… Menurut Pak Henda, semuanya dikarenakan pemberitahuan yang didapat Pak Henda juga terlambat. Sebenarnya, aku sudah mengetahui persoalan ini sudah satu minggu yang lalu, tapi aku nggak menyangka kalau jadwal olimpiadenya tuh BESOK !!! Benar tuh kata papa aku, papa aku memberi petuah menyuruhku belajar Geography. Katanya buat persiapan olimpiade dan aku tuh anaknya bandel (dikit) kemudian aku melawannya. Aku berkata, “Khan belum tahu bahannya apa, jadwalnya kapan…” Huh !!! (-.-“). Akhirnya, dengan mental yang kuat kita semua menerima bahwa kita (terutama saya) harus belajar ekstra keras malam ini…
Aku sendiri yang sudah bertanya-tanya kepada Pak ST tentang bahan atau materi apa saja yang kira-kira keluar saat olimpiade nanti. Akhirnya, aku pulang dengan membawa wejangan berupa buku Geography milik beliau dan salah satu buku dengan judul ‘Menghadapi Ujian Nasional 2008 Geography’. Di rumah, setelah pulang sekolah aku langsung membuka buku yang tadi sudah diberikan oleh Pak ST. Membaca dan menghapal. Tapi, karena aku sudah kebiasaan kalau belajar sukanya malam hari karena lebih berkonsentrasi. Akhirnya yang tadi mau menghapal sambil menutup mata, eh, malahan keterusan… Ha…ha…ha… Ya sudah, saya belajar setelah habis makan malam dari jam 6 sore sampai jam sembilan kurang lima belas menit. Fiuh… Pelajarannya hampir semua sudah dihafalkan, tetapi yang aku hapalkan itu model essay gitu bukan isian singkat. Dan juga masih ada satu atau dua bab lagi yang belum aku baca, tapi gara-gara sudah capai dan lelah serta aku merasa otakku tuh butuh istirahat, aku memutuskan untuk langsung bersih-bersih dan naik ke tempat tidur.

15 Februari 2009

Para peserta olimpiade berkumpul di depan kantor dan diabsen. Ternyata, teman kita Sandy (XI IPA) yang ikut dalam Olimpiade Komputer tidak bisa ikut karena ada halangan tertentu (sebenarnya nggak tahu sih !!). Akhirnya kita siap bertarung dengan 23 kandidat (cielah!) dari YOSUKA. Sebelum pergi ke tempat pelaksana Olimpiade yaitu SMAN 5, kita semua diberi uang masing-masing siswa Rp 10.000,- untuk biaya tranportasi. Yup, kita semua disuruh naik angkutan umum (angkot). Aku beserta teman-teman cewe kelas X lainnya tidak mau ambil pusing. Karena aku membawa mobil pribadi dari rumah, aku mengajak teman-teman aku ini untuk naik mobil aku saja, khan sayang uangnya bisa dipakai buat jajan atau nabung… Iya nggak ? Setelah tiba di SMAN 5 yang dibimbing oleh Pak Ari, kita lalu mencari ruangan kita, untuk masing-masing bidang study. Kebetulan aku termasuk dalam ruang No.15 (kalau nggak salah). Kira-kira jam setengah sembilan TEENG!!! Kita semua sudah duduk di tempat yang sudah disediakan, menyiapkan alat tulis dan akhirnya BERTARUNG !!! Yang mana sebelumnya kita sudah dikuras tenaganya karena dipanggang di lapangan. Waktu yang diberi untuk mengerjakan soal 150 menit (untuk Ilmu Kebumian, lainnya ada yang 120 menit). Ketika aku melihat bagian depan soalnya, di sana tertulis

SOAL SELEKSI OLIMPIADE TINGKAT KABUPATEN/KOTA 2009
TIM OLIMPIADE GEO SCIENCE INDONESIA 2010

GILA BOOO !!! Pikirku… Aku langsung membuka halaman kedua, aku melihat judul yang tak kalah menariknya

SELEKSI TINGKAT KABUPATEN/KOTA
OLIMPIADE BIDANG ILMU KEBUMIAN
CALON PESERTA INTERNATIONAL EARTH SCIENCE OLYMPIAD (IESO)
TAHUN 2010

Sumpah, bangga aku bisa terpilih menjadi salah satu peserta untuk Olimpiade kali ini meskipun aku nggak terlalu optimis untuk menang dan lolos untuk tingkat Provinsi. Aku melihat salah satu poin penuntun pengisian, isinya : “Jika isian benar point 1, isian salah point -1/2 dan isian kosong point 0.” Jadi aku menyimpulkan, jika aku nggak tahu jawabannya dengan pasti lebih baik aku mengosongkannya daripada nanti nilai aku seperti ini, KARINA dengan nilai -… (min…) Hahaha… Bisa ditertawakan aku, masa ada nilai – (min) ? Apa kata dunia ???
Jam mengisi soal sudah berakhir, dengan sikap optimis aku mengumpulkan jawaban aku ke pengawas. Beruntung dengan jumlah 100 soal, aku bisa menjawab setengah dari jumlah soal (tapi nggak tahu benar apa salah) dan yang lainnya kosong melompong (SUER DEH !!! NGGAK BOHONG). Aku berkumpul kembali dengan peserta lainnya jam 11 kurang. Pak Ari memberitahu kepada kita, kita boleh pulang atau boleh kembali ke sekolah (belajar). Setelah berdiskusi, aku, Sylva, dan Maywita berencana kembali ke sekolah. Saat tiba di sekolah, kelas aku lagi pelajaran Akuntansi. Karena jiwanya masih melayang-layang, jadi aku belum bisa berkonsentrasi dengan mata pelajaran kesukaanku yang satu ini. Kemudian setelah istirahat dilanjutkan dengan belajar Bahasa Indonesia kemudian pulang. Sebelumnya aku ke kantor dulu untuk mengembalikan buku pinjaman Pak ST dan ada sedikit perbincangan di antara acara pengembalian buku beliau,
Aku : “Pak, ini bukunya…”
Pak ST : “Ya, tadi bisa tidak…?”
Aku : (sambil mesem-mesem, malu) “Nggak, Pak ! Tadi ada yang mineral juga sih… Belum diajarin…”
Pak ST : (senyum) “Iya, itu bagian Litosfer…”
Aku : “Iya, Pak ! Makasih Pak ! Permisi Pak…” (langsung pergi)
Untung aja senyum, bukan marah…

Tapi sebelum pulang ke rumah aku makan mie ayam dulu, yang pasti menggunakan uang yang diberi oleh sekolah tadi pagi.
Fiuh… Akhirnya, penderitaanku sudah selesai. Bertambah satu prestasi, bertambah satu pengalaman, bertambah suatu kebanggaan (apalagi menang) dan yang paling penting yaitu bertambahnya uang jajan. Wah… Kapan-kapan boleh tuh aku ikutan lagi (bukan karena dapat uang jajannya lho!!) tapi jangan mendadak gitu ya…

N.B : Oya, untuk kemarin yang belum aku sebutkan, yang sudah memberiku ucapan selamat ultah yaitu Gloria, Ci Vera, dan Ines (yang sempat dikira ultahku 7 Mei bukan 7 April). Lalu aku mengucapkan terima kasih kepada Sylva (thanks atas hadiah buku Agnes Jessicanya… I love it dan maaf jika aku bilang aku nggak suka Meg Cabot tapi suer aku mulai suka tuh… (“ -.-) Hahaha… Tau lah arti yang sebenarnya) lalu kepada Evelina (thanks tirai Winnie The Poohnya, langsung aku pakai loh ! Eksklusif, di depan kamarku) dan terakhir kepada Ci Vera (terima kasih atas buku Twilight series, Sang Pemimpi, dan Edensor).
Lalu saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Melani (XB) 13 April, Evelina (XA) 14 April dan Jessica (XA) 15 April. Wish you all the best !!!
0 Responses

My Plurk

My Fav Song, Please Listen...